MAU TAHU ?

Info Pintar | Tips Cantik | Tips Kesehatan

Arismel Hidayat Company 2012. Diberdayakan oleh Blogger.
Preview on Feedage: mau-tahu- Add to My Yahoo! Add to Google! Add to AOL! Add to MSN
Subscribe in NewsGator Online Add to Netvibes Subscribe in Pakeflakes Subscribe in Bloglines Add to Alesti RSS Reader
Add to Feedage.com Groups Add to Windows Live iPing-it Add to Feedage RSS Alerts Add To Fwicki
RSSMountain - RSS Feed Directory - RSS Feed Search Engine best backlink Auto Backlink Gratis Indonesia : Backlink21 Free Auto Backlinks blogarama.comBacklink ExchangebacklinkFree Automatic LinkFree Backlinks ExchangeFree Automatic LinkFree Automatic LinkMultiple BacklinksFree BacklinksFree Automatic LinkBacklink Exchange - PlugboardPlugboard ManiaFree Automatic LinkCárdenas.netFree BacklinksDAHOAM Free BacklinksLinki Linki Free BacklinksECBannerDie Gute SaatFree Automatic LinkDie Gute SaatFree Backlinks Exchangekostenlose backlinksFree Automatic Link echange de liensFree Automatic LinkIntercambio de enlacesFree Automatic LinkFree Automatic LinkFree Automatic LinkFree Automatic Elvira LinksFree Automatic LinkFree Automatic Link Intercambio gratis de EnlacesFree BacklinksFree BacklinksFree BacklinksFree BacklinksEnlaces GratisUnlimited Backlink ExchangeUnlimited Backlink ExchangeFree BacklinksTradiciones Peruanas de Ricardo PalmaAutomatic Backlink ExchangeFree Automatic LinkFlorists Linkstrafic backlinks Free Automatic BacklinkFree Automatic Backlink Kostenlose Backlink AustauschTukeran Link | Backlink | Link ExchangeFree Automatic LinkFree Automatic LinkWeb Link ExchangeText Backlink ExchangesSoqoo Link ExchangeText Back Link ExchangeText Back Links ExchangeText Back Links ExchangesOverShopping Link ExchangeAllNewsSite Link Exchange
Klik Disini! Untuk membuat deretan banner seperti diatas.
Unduh Adobe Flash player

sponsor by

ShareThis

Yang Tidak Boleh Diminum Setelah Minum Obat

Yang tidak boleh diminum setelah minum obat 

Kebiasaan meminum sesuatu yang manis setelah minum obat ternyata perlu diperhatikan juga efeknya. Seringnya kita meminum jusrtu yang menetralisir khasiat obat itu sendiri. Bahkan balitapun sering kita lihat orang tuanya menaruh obat bubuk disendok dan dicairkan dengan air susu. Cara ini tentu sangat salah karena susu salah satu minuman penetralisir fungsi obat. Untuk lebih jelas minuman apa saja yang bisa menetralisir obat sekaligus racun dalam tubuh.


1. Jus Jeruk Bali 

Jeruk Bali mampu menggangu khasiat lebih dari 50 jenis obat termasuk statin dan obat darah tinggi. Senyawa organik yang terdapat pada jeruk bali seperti turunan furanokumarin dapat mengganggu hati dan menyerap enzim sitokrom P450 isoform CYP3A4 di dinding usus kecil. Ribet ya bahasanya...hehe. tapi yang jelas mengkonsumsi Jus Jeruk Bali setelah minum obat Bisa meningkatkan penyerapan obat-obat tertentu dan dapat meningkatkan dosis obat yang diminum menjadi berlebihan. 

2. Jus delima 

Ternyata mengkonsumsi Jus delima mampu menurunkan efektifitas obat terutama pada obat tekanan darah karena jus delima memperlambat kecepatan hati memecah pengencer darah. 

3. Susu 

Yang paling banyak efeknya terhadap obat yang kita kosumsi dan yang paling sering dan lazim kita lakikan sehari-hariadalah mengkonsumsi obat dengan susu. Saya kasih info paling penting... jangan pernah mengkonsunsi obat dengan pelarut susu. Kamu tau kenapa? Susu mampu mengurangi penyerapan antibiotik dan zat besi pada obat. Kalsium dalam susu juga dapat menganggu efektivitas obat tiroid dan dapat mengikat obat atau antibiotik sehingga mencegah penyerapan obat dalam tubuh. Tunggu minimal 4 jam setelah minum obat untuk minum susu. 

4. Kafein (termasuk kopi, teh hijau, dan minuman berenergi) 

Jangan pernah coba-coba mengkonsumsi stimulan dengan minuman berkafein. Karena sangat berbahaya untuk kesehatan. Satu lagi, jangan pernah mengkosumsi kopi dengan obat efedrin (penekan nafsu makan)atau obat asma dan amfetamin. Tunggu selama 2-3 baru boleh minum kopi. Hindari minuman isotonik Kalium dikombinasikan dengan obat gagal jantung dan obat hipertensi. Pisang juga dihindari saat minum obat tersebut 

5. Wine 

Wine juga sangat berbahaya jika diminum saat mengkosumsi obat antidepresan karena bisa menyebabkan hipertensi, sakit kepala dan detak jantung menjadi cepat dan berakibat stroke. Ini juga sama dengan minum minuman berenergi. 

6. Teh hijau 

Teh hijau mengandung sedikit vitamin K sifatnya menyerap sari makanan jika minum teh saat makan. Hal ini juga sama jika teh dikosumsi dengan obat karena bisa mengurangi efek obat yang kita kosumsi, berbeda dengan mengkosumsi jus jeruk bali yang dapat menggandakan dosis obat yang diminum. Zat obat yang sangat dipengaruhi adalah kumarin dan warfarin(mencegah pembekuan darah). Setelah kamu membaca artikel ini jangan langgar lagi aturan minum obat ya.... tapi jika ingin tau akibatnya ya silahkan coba aja... hehe. Eittss.... jangan coba-coba!! ^_^
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Info Pintar dengan judul Yang Tidak Boleh Diminum Setelah Minum Obat. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://pintar2.blogspot.com/2012/05/yang-tidak-oleh-diminum-setelah-minum.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: arismel hidayat - Rabu, 02 Mei 2012

7 komentar untuk "Yang Tidak Boleh Diminum Setelah Minum Obat"

Anonim mengatakan...

yang benar yang mana nih??baru2 ini ada yang membuat artikel bahwa susu tidaklah menetralisir obat??coba dibaca ini http://cakmoki86.wordpress.com/2010/06/23/susu-tidak-menetralkan-obat/

Mau Tau? mengatakan...

penjelasan pada blog yang anonim sarankan sebenarnya sama dengan yang saya jelaskan, hanyasaja sudutpandangnya yang berbeda. saya lebih menekankan untuk tidak mengkosumsi susu saat minum obat karena beberapa obat seperti keluarga antibiotik yang mengandung tetrasiklik akan bereaksi dengan susu. Kalsium yang terdapat dalam susu akan mengikat obat atau antibiotik sehingga mengurangi penyerapan obat tersebut di dalam tubuh tapi bukan berarti menghapus fungsi. Sama dengan yang dijelaskan blog yang anonim sarankan. trims

Anonim mengatakan...

http://cakmoki86.wordpress.com/2010/06/23/susu-tidak-menetralkan-obat/

Anonim mengatakan...

Susu yg dimaksud adalah susu sapi dan asi. Sedangkan susu bubuk merk apapun yg diserap tubuh hanya gula saja. Tidak ada zat lain. setau saya Susu bubuk adalah akal2an. Makanya susu bubuk gak masalah. Silakan tanya sendiri ke dokter2 rumahsakit Internasional.

Anonim mengatakan...

Sory maksud sy klo susu bubuk hanya terserap gula nya saja. Jadi, obatnya juga gak ikut terserap tubuh.gitu kata dokter. Makanya anak2 indonesia gemuknya 'giyur2' karena minum gula terus. Tua nya mati diabetes.

PAPI AURA mengatakan...

Kok malah adu pendapat......

Wildan Adlianto mengatakan...

Apakah madu termasuk penetralisir obat?