MAU TAHU ?

Info Pintar | Tips Cantik | Tips Kesehatan

Arismel Hidayat Company 2012. Diberdayakan oleh Blogger.
Preview on Feedage: mau-tahu- Add to My Yahoo! Add to Google! Add to AOL! Add to MSN
Subscribe in NewsGator Online Add to Netvibes Subscribe in Pakeflakes Subscribe in Bloglines Add to Alesti RSS Reader
Add to Feedage.com Groups Add to Windows Live iPing-it Add to Feedage RSS Alerts Add To Fwicki
RSSMountain - RSS Feed Directory - RSS Feed Search Engine best backlink Auto Backlink Gratis Indonesia : Backlink21 Free Auto Backlinks blogarama.comBacklink ExchangebacklinkFree Automatic LinkFree Backlinks ExchangeFree Automatic LinkFree Automatic LinkMultiple BacklinksFree BacklinksFree Automatic LinkBacklink Exchange - PlugboardPlugboard ManiaFree Automatic LinkCárdenas.netFree BacklinksDAHOAM Free BacklinksLinki Linki Free BacklinksECBannerDie Gute SaatFree Automatic LinkDie Gute SaatFree Backlinks Exchangekostenlose backlinksFree Automatic Link echange de liensFree Automatic LinkIntercambio de enlacesFree Automatic LinkFree Automatic LinkFree Automatic LinkFree Automatic Elvira LinksFree Automatic LinkFree Automatic Link Intercambio gratis de EnlacesFree BacklinksFree BacklinksFree BacklinksFree BacklinksEnlaces GratisUnlimited Backlink ExchangeUnlimited Backlink ExchangeFree BacklinksTradiciones Peruanas de Ricardo PalmaAutomatic Backlink ExchangeFree Automatic LinkFlorists Linkstrafic backlinks Free Automatic BacklinkFree Automatic Backlink Kostenlose Backlink AustauschTukeran Link | Backlink | Link ExchangeFree Automatic LinkFree Automatic LinkWeb Link ExchangeText Backlink ExchangesSoqoo Link ExchangeText Back Link ExchangeText Back Links ExchangeText Back Links ExchangesOverShopping Link ExchangeAllNewsSite Link Exchange
Klik Disini! Untuk membuat deretan banner seperti diatas.
Unduh Adobe Flash player

sponsor by

ShareThis

Cara Mengatasi Nyeri Haid


Haid atau menstruasi adalah perubahan fisiologis yang akan dialami wanita setiap bulan, 12 kali dalam setahun. Sebagai bagian dari proses reproduksi, menstruasi tidak sekedar datang menyapa lalu pergi begitu saja, banyak wanita yang harus melewati beberapa penderitaan saat menstruasi, terutama di hari pertama hingga kedua. Selain perubahan mood, mayoritas wanita mengalami nyeri dan masalah kesehatan yang berbeda ketika menstruasiSaat menstruasi, tubuh kita akan mengalami beberapa perubahan, antara nafsu makan turun atau justru bertambah, punggung nyeri, kedinginan, dan yang paling sering adalah nyeri atau kram perut.

Nyeri perut yang terjadi saat menstruasi sering mengganggu aktivitas, dan membuat kita merasa tidak nyaman. Agar nyeri perut tidak mengganggu, inilah hal yang bisa Anda lakukan.

• Perhatikan Asupan Makanan

Mengonsumsi makanan dengan kandungan serat yang tinggi sangat disarankan ketika Anda sudah mendekati tanggal menstruasi. Mayo Clinic menuliskan bahwa mengonsumsi makanan kaya vitamin E, vitamin B1 dan vitamin B6 akan mengurangi nyeri dan kram yang sering terjadi saat menstruasi

• Minum Cukup Air

Jaga agar asupan cairan tercukupi saat sedang menstruasi. Jangan lupa minum air yang cukup, konsumsi juga jus buah segar yang Anda buat sendiri untuk mencukupi kebutuhan serat. Tapi ingat, ladies, hindari dulu minuman tinggi gula seperti soft drink atau jus buatan. Selalu bawa botol air agar Anda tidak dehidrasi.

• Minuman Hangat

Banyak wanita yang mengaku bahwa nyeri atau sakit saat menstruasi berkurang jika mereka mengonsumsi minuman atau makanan hangat (atau hangat yang sedikit panas). Mengonsumsi jahe hangat atau sup bening hangat bisa menjadi pilihan Anda.

• Jauhi Kopi Dulu

Suka mengonsumsi kopi setiap hari? Sebaiknya jauhi dulu minuman sini selama Anda menstruasi. Kafein akan memperparah kram yang Anda alami dan membuat tubuh tidak nyaman. Sehingga menjauhi kopi sementara akan sangat membantu mencegah kram


• Kompres Air Hangat

Jika nyeri datang, berbaringlah di atas tempat tidur atau sofa yang nyaman. Kompres perut Anda dengan air hangat. Kompres tersebut dapat melemaskan otot yang kaku sekaligus memberi rasa nyaman pada tubuh. Jangan lupa istirahat dan tidur yang cukup selama menstruasi

• Pijatan Lembut

Pijatan ringan pada perut bagian bawah dapat mengurangi nyeri atau kram yang Anda alami. Lakukan dengan lembut, usap ringan telapak tangan Anda di bagian perut bawah. Bisa Anda oleskan minyak kayu putih yang dapat memberi rasa hangat sekaligus aroma yang menenangkan.

• Minum Jamu

Indonesia memiliki warisan bahan-bahan alami yang dapat membantu para wanita mengurangi nyeri saat menstruasi. Jamu kunyit asam dapat membuat tubuh segar dan fit selama menstruasi. Akan lebih baik jika jamu kunyit asam adalah buatan Anda sendiri.

• Jangan Diam Saja

Tidak ada larangan untuk aktif bergerak atau olahraga selama masa menstruasi. Anda tetap dapat melakukan berbagai kegiatan. Semakin Anda bergerak, tubuh akan lepas dari stres dan mengurangi nyeri. Lakukan olahraga ringan, misalnya senam, jogging dan sebagainya yang dapat melancarkan aliran darah dan mengurangi rasa sakit dan membuat tubuh lebih segar.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Tips Kesehatan dengan judul Cara Mengatasi Nyeri Haid. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://pintar2.blogspot.com/2012/11/cara-mengatasi-nyeri-haid.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Unknown - Minggu, 11 November 2012

Belum ada komentar untuk "Cara Mengatasi Nyeri Haid"